Perbedaan antara Blog dengan Website

Perbedaan antara Blog dengan Website
Website adalah toko sedang blog adalah warung kaki lima.

Itulah kesimpulan dari perbincangan yang terjadi antara dua orang pada suatu ketika di suatu tempat tentang perbedaan antara website dengan blog. Sedangkan apabila anda bermaksud untuk menyimak perbincangan selengkapnya adalah sebagai berikut:

Di tengah hari yang terik pada satu musim kemarau, Fulan duduk terhenyak di sofa lusuh. Mukanya yang lusuh terlhat jelas saat ia sandarkan sambil menatap langit-langit ruangan. ..... ia hisap dalam-dalam, asap bergumpal menyeruak dari mulutnya bersama gumaman “aaaarghhhh......”.

“Assalamu’alaikuuum....” terdengar seseorang mengucapkan salam, tanpa beranjak Fulan menjawabnya “Wa’alaikum sallam, eh... kamu Do, tumben jam begini berkunjung, tidak sibuk?”. “Tidak... lah, hari ini libur, pekerjaan baru selesai kemarin. Ada apa sih...? koq kelihatanya lagi kesal sekali ya...?” Dodo menjawab sambil mengambil tempat duduk di sebelah Fulan. “Biasa lah, masalah blog, coba saja bayangkan: beberapa hari terakhir ini penghasilanya minim sekali, bahkan pernah beberapa hari yang lalu penghasilanya $ 0,00 (nol koma nol dollar), padahal biasanya tidak seburuk ini. Apa harus di tingkatkan ke website saja ya...?” tutur Fulan. Kemudian Dodo bertanya sambil menyalakan ..... “memangnya apa perbedaan blog dengan website?”. Sambil membenahi duduknya Fulan menjawab tak ubahnya seorang yang sudah sangat faham dengan pertanyaan yang diajukan Dodo tadi.

Seorang publisher Google Adsense bila diibaratkan adalah seorang pedagang yang menjual barang titipan orang lain, jadi publisher hanya menjualkan barang milik orang lain, dan barang daganganya adalah iklan-iklan dari google. Sedang blog dan website adalah tempat kita berdagang. Blog bisa kita ibaratkan adalah warung kaki lima, tempat berdagang yang hanya membutuhkan modal sedikit untuk membuatnya. Sedangkan website ibaratnya adalah toko, satu tempat berdagang yang lebih baik daripada warung kaki lima dan membutuhkan modal cukup besar untuk membangunya.

Bila pada saat yang sama warung kaki lima dan toko sama-sama menjual barang yang sama dapat kita bayangkan, kemanakah kebanyakan calon pembeli akan memilih. Tentu saja calon pembeli akan lebih memilih toko, apalagi apabila sang pemilik toko membuat tokonya dengan sebaik mungkin, seperti menjajakan barang daganganya di etalase-etalase yang bagus dan tersusun rapi. Sedangkan penjual di warung kaki lima tidak akan dapat berbuat banyak, karena jangankan membuat etalase dan menyusun barangnya dengan baik sedangkan tempatnya saja sempit.

Jadi menurut saya perbedaan antara blog dengan website adalah tak ubahnya perbedaan warung kaki lima dengan toko.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perbedaan antara Blog dengan Website"

Posting Komentar