Contoh Laporan Penelitian Sosial tentang Tata Tertib

corner 23 serve u better_thumbBAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1    Latar Belakang

Dengan dibuatnya peraturan tata tertib sekolah maka seluruh pelajaran di MA NURUL HUDA diwajibkan untuk memenuhi peraturan tersebut. Peraturan tata tertib yang dibuat oleh sekolah bertujuan agar siswa tidak semena-mena berperilaku yang tidak pantas di sekolah. Dan diharapkan juga dengan adanya tata tertib ini dapat mengurangi kenakalan pelajar di sekolah. Tata tertib yang dibuat seolah-olah untuk memperbaiki perilaku pelajar dari yang buruk bisa menjadi lebih baik.

Pelajar di MA NURUL HUDA diwajibkan untuk mematuhi peraturan tata tertib yang dibuat di sekolah, karena siapa saja pelajar yang terbukti melanggar, maka pihak sekolah akan memberikan sanksi kepada pelajar tersebut. Sanksi yang diberikan bertujuan agar dapat menumbuhkan efek jera untuk tidak melanggar peraturan lagi.

 

1.2    Rumusan Masalah

-       Seberapa pentingnya peraturan tata tertib bagi pelajar di MA NURUL HUDA ?

-       Seberapa banyak siswa yang melanggar peraturan ?

-       Bagaimana pengaruh sanksi yang diberikan kepada pelajar yang pernah melanggar ?

 

1.3    Manfaat Penelitian

-       Menambah wawasan peneliti dalam membuat penelitian

-       Mengetahui respon pelajar terhadap tata tertib/ aturan sekolah

 

1.4    Tujuan Penelitian

-       Sebagai tugas mata pelajaran sosiologi

-       Untuk mengetahui gambaran seberapa besar pelajar patuh terhadap peraturan tata tertib sekolah

1.5    Asumsi

Kebanyakan pelajar di MA NURUL HUDA masih belum mentaati peraturan tata tertib yang dibuat. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya pelajar yang bolos dan tidak melaksanakan upacara bendera.

 

1.6    Hipotesis

Aturan tata tertib di sekolah MA NURUL HUDA belum berjalan lancar dan belum adanya kesadaran pelajar terhadap aturan tersebut.

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

 

2.1         Pengertian Tata Tertib

Tata tertib merupakan kosa kata yangterbentuk menggunakan imbuhan-imbuhan baru. Pada dasarnya kata tertib berasal dari dua kata, yaitu kata “tata” yang artinya susunan, dan “tertib” yang artinya teratur, tidak acak-acakan. Jadi tata tertib berarti sebuah aturan yang dibuat secara tersusun dan teratur, serta saling berurutan dengan tujuan semua orang yang melaksanakan peraturan ini melakukannya sesuai dengan urutan-urutan yang telah dibuat.

Pengertian Tata Tertib di Sekolah

Menurut Departement Pendidikan dan Kebudayaan (1998 : 37) mengemukakan bahwa tata tertib di sekolah adalah peraturan yang mengatur segenap tingkah laku para siswa selama mereka bersekolah untuk menciptakan suasana yang mendukung pendidikan.

Tujuan Tata Tertib Sekolah

Tujuan tata tertib adalah untuk menciptakan suatu kondisi yang menunjang terhadap kelancaran ketertiban dan suasana yang damai dalam pembelajaran.

Tujuan tata tertib diantaranya :

-       Tujuan keamanan

-       Tujuan kebersihan

-       Tujuan ketertiban

-       Tujuan keindahan dan kekeluargaan

Sikap Kepatuhan Pendidik Terhadap Tata Tertib di Sekolah

Kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah adalah yang bersumber dari dalam dirinya bukan karena paksaan atau tekanan dari pihak lain. Tingkat kesadaran seseorang terhadap tata tertib meliputi :

-       Patuh karena takut pada kekuasaan orang

-       Patuh karena ingin dipuji

-       Taat atas dasar adanya aturan dan hukum serta untuk ketertiban

Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa seseorang khususnya peserta didik untuk mematuhi aturan/ tata tertib memang sangat penting selain bertujuan untuk ketertiban juga untuk mengatur tata prilaku peserta didik agar sesuai dengan norma yang berlaku.

 

2.2         Pentingnya Tata tertib Bagi pelajar

Kedisiplinan dan ketertiban di lingkungan sekolah memang sangatlah penting, karena hal ini sering kali terjadi pelanggaran kedisiplinan dan ketertiban yang dilakukan para siswa. Oleh sebab itu kedisiplinan dan ketertiban perlu kita atur dalam sebuah tatanan yang biasa kita sebut dengan tata tertib sekolah.

Adapun dibuatnya tata tertib tersebut memiliki dua tujuan yaitu tujuan khusus dan juga tujuan umum. Secara khusus memiliki tujuan supaya kepala sekolah bisa menciptakan suasana yang kondusif bagi semua warga sekolah, supaya para guru bisa melaksanakan belajar mengajar dengan optimal dan supaya tercipta kerja sama di antara para orang tua dengan sekolah dalam mengemban tugas pendidikan. Sedangkan tujuan secara umumnya yaitu agar terlaksananya kurikulum secara baik serta bisa menunjang peningkatan mutu pendidikan di dalam sekolah.

Untuk bisa menegakkan kedisiplinan di dalam lingkungan sekolah memang diperlukan tunjangan peraturan dengan ketentuan-ketentuan yang sifatnya mengikat setiap komponen baik itu guru, siswa maupun kepala sekolah guna mencapai tujuan yang sudah ditetapkan berupa tata tertib sekolah. Sementara untuk menegakkan tata tertib tersebut haruslah dimulai dari kelompok sekolah itu sendiri, dengan begitu maka sekolah bisa menjadi tempat dan sarana belajar dengan manajerial yang baik.

Selain itu disiplin memang merupakan hal penting yang harus ditanamkan kepada anak didik kita di sekolah sedini mungkin, dengan tata tertib yang diterapkan setiap hari tersebut maka bisa membuat para siswa menjadi terbiasa untuk bersikap disiplin dan tertib. Kelas pun juga harus memiliki tata tertib sendiri yang harus dicontohkan dan dijelaskan kepada siswa agar dilaksanakan terus menerus. Beberapa taat tertib tersebut antara lain seperti :

Masuk sekolah

-       Siswa diharuskan datang tepat waktu

-       Tas dan alat tulis ditaruh di laci meja, setelah itu keluar kelas

-       Bagi siswa yang mendapat giliran piket harus datang lebih awal

-       Bagi siswa yang tidak masuk harus membuat surat izin tertulis

-       Guru tidak boleh terlambat datang

Di dalam kelas

-       Doa dipimpin ketua kelas

-       Memberikan salam pada guru

-       Guru melakukan absensi

-       Tidak boleh bercanda atau melakukan kegiatan lainnya ketika proses belajar

-       Siswa tidak boleh keluar kelas tanpa izin

-       Guru dilarang meninggalkan kelas saat pelajaran berlangsung

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari adanya tata tertib sekolah, yaitu :

-       Memberikan dukungan supaya terciptanya sikap ataupun perilaku yang tidak menyimpang

-       Membantu para siswa untuk menyesuaikan diri dan memahami diri dengan tuntutan lingkungan .

.

 


 

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

 

3.1         Pendekatan Penelitian

Pendekatan dilakukan dengan cara mendekati untuk mengetahui tanggapan para pelajar terhadap peraturan tata tertib yang ada di sekolah MA NURUL HUDA. Dan pendekatan ini dilakukan dengan cara deskriftif untuk mengetahui sikap dan tanggapan para pelajar.

 

3.2         Teknik Pengambilan Sampel

Pengambilan sampel dilakukan dengan cara mendatangi semua kelas, sebagian besar banyak siswa-siswi MA NURUL HUDA yang pernah melakukan pelangaran tata tertib sekolah. Oleh karena itu sampel yang diambil dapat mewakili populasi. Jadi penelitian dengan cara mengambil perwakilan dari tiap kelas. Demikian dapat dikatakan bahwa para siswa-siswi MA NURUL HUDA pernah melakukan pelanggaran adalah fakta.

 

3.3         Variabel Penelitian

Variabel bebas peraturan tata tertib yang kurang ketat

Variabel terikat menyebabkan peserta didik banyak yang melanggar dan menyepelekan

1)        Kurangnya kemauan belajar sendiri

2)        Malasnya siswa berdiri

 

3)        Penampilan yang kurang sesuai

1)        Bolos ketika guru tidak masuk

 

2)        Tidak mengikuti upacara bendera

3)        Dalam pola berpakaian/ berkerudung/ pola rambut

 


 

3.4         Sumber Data Penelitian

Kelas

L

P

Jumlah Siswa/ Siswi

X – IIS 1

1

1

2

X – IIS II

1

1

2

X – MIA

1

1

2

XI – IPS I

1

1

2

XI – IPS II

1

1

2

XI – IPA

1

1

2

XII – IPS I

1

1

2

XII – IPS II

1

1

2

XII - IPA

1

1

2

JUMLAH

18

 


 

BAB IV

HASIL PENELITIAN

 

4.1         Pengembangan Penelitian

Penelitian menyampaikan perkembangan instrumen ini menggunakan teknik quesioner. Oleh sebab itu penelitian telah membuat pertanyaan terdiri dari 10 pertanyaan yang jawabannya sendiri dan setiap pertanyaan disertai 4 pilihan, yaitu : ya, bisa jadi, biasa saja, tidak.

 

4.2         Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan dengan proses pengadaan data untuk keperluan data penelitian. Di dalam penelitian ini digunakan angket, angket tersebut berupa pertanyaan dengan cara diberikan langsung kepada tiap kelas yang telah ditentukan dan yang menjadi responden harus menjawabnya saat itu juga dan untuk mengisinya tanpa pengaruh unsur paksaan dan tekanan (jujur).

 


 

SOAL

 

1.        Pentingkah aturan yang ada di sekolah untuk anda patuhi ?

a.    ya                  b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak

2.        Apakah anda menerima/ menyetujui dengan adanya peraturan tata tertib di sekolah ini ?

a.    ya                  b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak

3.        Meningkatkah semangat/ keinginan dalam belajar anda ketika diterapkannya peraturan tata tertib sekolah ?

a.    ya                  b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak

4.        Apakah anda termasuk pelajar yang pernah/ sering melanggar peraturan sekolah ?

a.    ya                  b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak

5.        Ketika anda melanggar peraturan tata tertib sekolah, apakah anda tidak menyesal ?

a.    ya                  b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak

6.        Apakah melanggar peraturan tata tertib adalah keinginan anda/ ajakan teman ?

a.    ya                  b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak

7.        Apa anda selalu mengulangi melanggar aturan meskipun anda telah mendapat sanksi dan teguran ?

a.    ya                  b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak

8.        Merasa takutkah anda dengan sanksi yang akan diberikan ketika anda melakukan pelangguran ?

a.    ya                  b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak

9.        Adakah keinginan anda untuk tidak melanggar peraturan tata tertib ?

a.    ya                  b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak

10.    Menurut anda berjalankah peraturan tata tertib yang ada di sekolah MA NURUL HUDA ?

a.       ya                b.  bisa jadi                  c.  biasa saja                     d.  tidak


 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat, hidayah, beserta karunia-Nya sehingga kami bisa melaksanakan penelitian dengan lancar, disamping itu disertai sebuah laporan penelitian.

Laporan penelitian ini disusun untuk memenuhi salah satu nilai mata pelajaran sosiologi., atas kesepakatan bersama kami memberi judul “RENDAHNYA KESADARAN PESERTA DIDIK MA NURUL HUDA TERHADAP TATA TERTIB ATURAN SEKOLAH YANG HARUS DIPATUHI OLEH SELURUH SISWA/ SISWI”

Pembuatan laporan penelitian ini menjadi salah satu program belajar mengajar bagi siswa XII IPS. Kami melakukan penelitian ini untuk menuangkan dalam satu laporan penelitian.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan penelitian ini tidak lepas dari adanya kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada :

1.    Bapak Johan Johariansyah, S.Pd., selaku guru bidang studi sosiologi yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan bagi kami;

2.    Bapak H. Moh. Patoni, S.Ag. M.Pd.I, selaku Kepala Madrasah;

3.    Guru Wali Kelas XII IPS-1

4.    Siswa MA Nurul Huda, yang telah bersedia dan berpartisifasi untuk menjadi responden;

5.    Teman-teman yang saling berpartisifasi dan saling membantu salam penelitian.

Kami menyadari sepenuhnya, laporan penelitian ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami mohon maaf dengan segala kerendahan hati mengharap kritik dan saran untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Semoga laporan penelitian ini berguna khusunya bagi penyusun, umumnya bagi pembaca dan generasi yang akan datang.

 

Margamulya,   Januari 2015

Penyusun

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

Laporan Penelitian Sosial yang berjudul “RENDAHNYA KESADARAN PESERTA DIDIK MA NURUL HUDA TERHADAP TAT TERTIB ATURAN SEKOLAH YANG WAJIB DIPATUHI OLEH SELURUH SISWA/ SISWI” ini dibuat oleh Ade Rian Ariani dan Mia Sumiati, telah diteliti dan disahkan pada :

 

Hari          :

Tanggal    :

 

clip_image002

 

 

 

             Mengtahui                                         Margamulya, ............................ 2015

  Kepala MA Nurul Huda,                                         Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

H. Moh. Patoni, S.Ag. M.Pd.I.                            Johan Johariansyah, S.Pd.

 NIP : 19640514 198803 1 002                                 NIP :

 

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Laporan Penelitian Sosial tentang Tata Tertib"

Posting Komentar