Contoh Pidato Memperingati Maulid Nabi

c23 logo Serve u betterAssalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh,
Alhamdulillahirobil ‘alamin, wabihi nasta’inu ‘ala umuri dunya waddin, wassolatu, wassalamu ‘ala rosulillah , wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in,
Amma ba’du...
Qola allohu ta’ala fil qur’anil kariim : ‘a’udzu billahi minasyaitonirrojim, bismillahirrohmanirrohim
Laqod kaana lakum fii rosuulillahi uswatun hasanah, al ayah....
wawloohu ‘alam bimufrodihi.
Setelah memanjatkan puji dan syukur kehadirrat Allah SWT, yang kepadaNya kita memohon pertolongan atas segala urusan dunia dan akhirat, sholawat dan sallam kita mohonkan kepada Allah semoga selalu terlimpah curah kepada Nabi kita sekalian, Kekasih kita sekalian berserta keluarga dan segenap sahabatnya. Amiiin... ya Alloh ya... robbal ‘alamin.
Bapak/ Ibu guru yang saya hormati, rekan-rekan yang saya sayangi, ...
Sebelum saya melanjutkan pemaparan saya, terlebih dahulu saya ucapkan terimakasih khususnya kepada Bapak/ Ibu guru yang telah memberikan kesempatan kepada saya berdiri di majelis yang mulia ini, dan ucapan terimakasih saya juga sampaikan kepada rekan-rekan yang telah berkenan untuk mendengarkan dan menyimak materi yang akan saya sampaikan ini.
Bapak/ Ibu guru beserta rekan-rekan sekalian,.....
Pada kesempatan ini, di majelis yang mulia ini perkenankanlah saya untuk mengulas sedikit tentang salah-satu kelebihan yang dimiliki oleh baginda nabi Muhammad SAW. Dalam bidang olahraga
Hadirin yang berbahagia,....
Sebagaimana telah Allah SWT firmankan dalam Alqur’an Surat Al-Ahzab ayat ke 21 yang telah saya bacakan tadi, yang artinya “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu”
Dari ayat tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi orang yang mengharap rahmat Alloh, suri tauladan dapat juga diartikan dengan idola, juga berarti bahwa Nabi Muhammad mempunyai kelebihan-kelebihan yang dapat kita tiru dan kita jadikan pedoman.
Dan sebagai pengetahuan bagi kita semua adalah bahwa Nabi Muhammad pada masa hidupnya adalah merupakan salah-seorang atlet kebanggaan dan harapan bagi kaumnya, Nabi Muhammad adalah salah seorang atlet pada bidang olahraga Atletik, renang, memanah, berkuda, bahkan nabi Muhammad SAW adalah merupakan seorang juara gulat antar jazirah arab.
Hadirin sekalian ....
Nabi Muhammad adalah seorang lelaki yang aktif, berpola hidup sehat, tidak merokok, tidak meminum minuman keras, dan suka berolahraga. Bahkan beliau menyuruh kita sebagai umatnya untuk berolahraga.
Nabi Muhammad adalah seorang pegulat yang handal ini dibuktikan pada suatu ketika ia pernah ditantang berduel oleh Rukanah bin Yazid, Rukanah bin Yazid ini adalah seorang yang berperawakan tinggi besar dan ia adalah merupakan seorang juara bertahan dari olahraga gulat tradisional arab pada waktu itu yang selalu diadakan oleh bangsa Arab. Pada waktu itu Rukanah yang sombong dan suka memamerkan kegagahanya mendatangi Nabi dan berkata; “Wahai Muhammad sanggupkah engkau membanting tubuhku? Nabi menjawab: “Apa yang akan kamu hadiahkan kalau aku menang?” Rukanah menjawab: “seekor kambingku”. Kemudian merekapun berduel, dan Nabi Muhammad SAW memenangkanya. Karena rasa penasaran dan mungkin merasa tidak puas, Kemudian Rukanahpun kembali menantang Nabi Muhammad. Setelah beberapa kali berduel, Rukanah tetep kalah. Dan pada akhirnya karena peristiwa tersebut, Rukanah masuk islam, dan Nabi Muhammad mengembalikan kambing-kambing yang dimenangkanya dari Rukanah bin Yazid tersebut.
Hadirin sekalian yang saya hormati...
Itulah salah-satu contoh keteladan Nabi Muhammad dalam bidang olahraga gulat, pada bidang olahraga lainpun  Nabi Muhammad juga sangat mahir, ini terbukti karena Nabi Muhammad merupaka seorang panglima perang yang handal yang tentunya dituntut untuk mampu berlari dengan cepat, pandai menunggang kuda, mahir memainkan pedang, mahir memanah dan lain-lain.
Hadirin sekalian, itulah paparan singkat yang dapat saya sampaikan, semoga ada manfaatnya bagi kita sekalian. Dan saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam pemaparan saya tadi.
Wabillahi taufik walhidayah, wassalamu’alikum warohmatullohi wabarokatuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Pidato Memperingati Maulid Nabi"

Posting Komentar