Awan-awan yang Membahayakan Penerbangan

Dari diantara banyak jenis awan yang ada di langit planet bumi ini ada beberapa diantaranya yang dianggap membahayakan bagi dunia penerbangan, diantara awan-awan yang membahayakan penerbangan tersebut diantaranya adalah:

1.    Awan Cumulonimbus

Pengertian Awan Cumulonimbus telah diterangkan Allah SWT dalam kitab Alqur’an Surat An-Nur (24) ayat ke 43 yang artinya : “Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, Maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, Maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu Hampir-hampir menghilangkan penglihatan”. (Sesungguhnya Allah lebih tahu akan maksud ayat ini).

Cumulonimbus berasal dari bahasa Latin, "cumulus" berarti terakumulasi dan "nimbus" berarti hujan. Awan Cumulonimbus yang biasa disingkat Cb adalah sebuah awan vertikal yang sangat tinggi menjulang, padat, dan bermuatan listrik. Awan Cumulonimbus terdiri atas tetes-tetes air pada bagian bawah awan dan butir-butir salju atau kristal-kristal es pada bagian atas awan. Ketinggian  Awan Cumulonimbus bisa mencapai 60.000 kaki (18 km lebih) dan terbentuk karena beberapa sebab, diantaranya yang paling sering terjadi adalah karena adanya proses konveksi akibat pemanasan permukaan bumi oleh radiasi sinar matahari dan kondisi atmosfer yang tidak stabil. Awan Cumulonimbus sering terjadi di daerah tropis karena proses konveksi di wilayah-wilayah ini memungkinkan sering terjadinya konveksi. Awan-awan Comulonnimbus ini dapat terbentuk secara tersendiri, berkelompok, atau di sepanjang front dingin di garis squall.

Awan Cumulonimbus bermuatan listrik dikarenakan pergerakan partikel-partikel di dalam awan akan bergesekan, yang pada akhirnya disebabkan karena gesekan partikel-partikel di dalam awan tersebut akan menghasilkan muatan listrik, oleh sebab itu Awan Cumulonimbus adalah merupakan satu-satunya awan yang bermuatan listrik. Muatan listrik dalam Awan Cumulonimbus inilah yang akhirnya bisa menimbulkan terjadinya badai tornado, hujan es (hail storm), badai petir (thunderstorm) dan fenomena cuaca ekstrem lainya.

Diantara ciri-ciri lain dari awan Cumulonimbus adalah awan ini berwarna putih agak gelap, dan berada pada ketinggian mulai dari 1.000 kaki.

Awan ini sangat berbahaya bagi penerbangan karena beberapa hal. Diantaranya:

1.         Ketika terjadinya proses vertical draft atau gerakan vertikal udara yang terjadi dalam awan. Baik ketika fase naik (updraft) atau turun (downdraft). Vertical draft ini akan menyebabkan turbulensi bagi pesawat. Walaupun secara umum bumping semua jenis awan akan menyebabkan turbulensi bagi pesawat yang terjebak kedalamnya, akan tetapi Awan Comulonimbus adalah yang paling kuat menyebabkan turbulensi bahkan dapat menghempaskan sebuah pesawat;

2.         Partikel es yang terdapat dalam awan Comulonimbus dapat membekukan bagian-bagian pesawat yang terjebak ke dalamnya, termasuk mesin pesawat;

3.         Karena Awan Comulonimbus bermuatan listrik maka apabila sebuat pesawat terjebak kedalamnya, maka akan menyebabkan rusaknya sistem kelistrikan dan sistem navigasi di dalam pesawat tersebut.

 Awan-Cumulonimbus-NasaKumulonimbus kalvusAwan-CumolonimbusKumulonimbus kapillatus inkus

2.    Awan Lenticular

Awan ini berbentuk seperti UFO, dan biasanya berada di atas puncak gunung. Awan ini terbentuk karena aliran udara yang melewati penghalang, misalnya pegunungan, yang dikarenakan adanya penghalang ini akan menyebabkan terjadinya pusaran (eddie) awan. Apabila sebuah pesawat terperangkap kedalam awan Lenticular ini akan mengalami turbulensi yang sangat hebat.

 Awan-Lenticular

 

3.    Virga

Virga adalah hujan jatuh tidak sampai ke bumi karena keburu menguap di atmosfer. Virga membahayakan sebuah pesawat yang terperangkap kedalamnya karena dapat membuat temperatur udara menjadi turun drastis dan mengakibatkan turbulensi yang tidak biasa pada pesawat.

Awan-Virga1Nimbostratus_virga

 

4.    Awan Mammatus

Mammatus adalah merupakan sebuah awan yang berisi kristal es yang beku yang berbahaya. Awan mamtus juga merupakan sebuah pertanda akan datangnya cuaca buruk.

Awan-Mammatus

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Awan-awan yang Membahayakan Penerbangan"

Posting Komentar